Kesendirian Bisa Menular ke Teman

MALANG POST _

Pernahkah Anda mendengar bahwa kesepian bisa menular? Penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari University of Chicago, University of California dan Harvard University menyatakan bahwa perasaan kesepian bisa menular melalui jaringan sosial saat bersama teman-teman.
Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa rata-rata seseorang merasa kesepian sekitar 48 hari dalam setahun, tapi jika memiliki teman yang sering merasa sepi akan membuat orang tersebut bertambah rasa kesepiannya sebanyak 17 hari dalam setahun. Sebaliknya jika memiliki satu teman yang ceria dapat menurunkan rasa kesepiannya sebesar 5 persen.
Pernyataan kesepian bisa menular dibantah Ketua Jurusan Psikologi Universitas Negeri Malang (UM), Fatah Hidayat, M.Si. Menurutnya, perasaan menular bersifat personal sehingga tidak berpengaruh terhadap orang lain di sekitarnya.
“Setiap orang bisa saja merasa kesepian, namun perasaan sepi ini tidak berpengaruh terhadap orang lain. Karena biasanya kesepian banyak dialami orang-orang yang tidak memiliki teman dekat,” ujarnya.

Perasaan kesepian ini kebanyakan dirasakan oleh orang-orang yang tidak memiliki perilaku atau aktivitas yang menunjang. Sebagian besar rasa sepi saat ini lebih banyak menghampiri generasi sekarang yang lebih banyak tahu segala sesuatunya, namun tidak memiliki teman yang dekat secara emosional.
“Kesepian yang datang pada diri seseorang bisa menjadi masalah bagi dirinya dan orang lain, namun tidak menular. Masalah ini akan selalu timbul apabila tidak mencoba menjalin hubungan baik dengan sejenis maupun lawan jenis,” kata Fatah.
Perasaan kesepian yang kerap datang harus segera dihilangkan agar tidak berdampak pada masalah kesehatan. Kebanyakan efek dari kesepian bisa merangsang kedalam dirinya yang mengarah pada pikiran negatif, sehingga bisa menimbulkan beberapa gejala psikosomatis.
“Psikosomatis ini gejalanya adalah badan menjadi gemeteran atau tremor yang bisa merangsang tensi naik,” paparnya.
Apabila perasaan kesepian terus dibiarkan akan mempengaruhi kesehatan tubuh. Untuk itu disarankan untuk segera menyingkirkan rasa sepi dengan menjalin hubungan yang dekat dan akrab baik ke lawan jenis maupun sejenis. (mg7/aim)