PSY 446 Psikologi Pendidikan Kontekstual

PSY 446 Psikologi Pendidikan Kontekstual
Bobot : 2 SKS/2 JS
Deskripsi mata kuliah : Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki ketrampilan untuk menganalisis kebutuhan dan kemudian merancang suatu proses pembelajaran yang sesuai dengan lingkungan, situasi dan peristiwa yang terjadi di sekitarnya. Rancangan pembelajaran tersebut bertujuan untuk memecahkan masalah melalui suatu proses pendidikan. Penguasaan ketrampilan tersebut dicapai dengan suatu proses dimana mahasiswa mengkaji landasan filosofis dan psikologis dari  pendidikan kontekstual, proses analisis kebutuhan, macam-macam metode pembelajaran dalam pendidikan kontekstual, dan rancangan evaluasi hasil belajar. Pencapaian kompetensi mahasiswa diukur melalui observasi diskusi kelas, portofolio tugas dan pelaporan rancangan pembelajaran melalui seminar kelas.
Daftar Rujukan :
  1. Fakih,M., Topatimasang,R. &Rahardjo,T. 2001. Pendidikan Populer: Membangun Kesadaran Kritis. Yogyakarta : Read Books.
  2. Johnson, Elaine B. 2002. Contextual Teaching and Learning: What is is and why it’s here to stay. United states of America: Corwin Press, Inc.
  3. Satriono,T. 2007. How to Measure 5 Levels of Training Evaluation. Jakarta: Intellectual Capital Publishing.
  4. Witkin, Belle.R.,. 1984. Assessing Needs in Educational and Social Programs. San Fransisco: Jossey Basss Publishers.