Psikologi sosial terapan

Psikologi sosial terapan adalah bagian dari ilmu psikologi sosial yang menerapkan konsep, teori-teori, hasil-hasil penelitian, dan konstruk-konstruk psikologi sosial ke dalam masalah-masalah sosial nyata (Hanurawan & Diponegoro, 2005; Hanurawan, 2011a) . Dalam hal ini penerapan konsep-konsep, teori-teori, hasil-hasil penelitian, dan konstruk-konstruk psikologi sosial ke dalam masalah-masalah sosial nyata, tidak hanya bersifat eksplanatif (menjelaskan), tapi dapat lebih jauh dengan melakukan rekayasa perilaku sosial (social behaviour engineering), pemecahan masalah perilaku sosial (social behaviour problems solution), pemberdayaan perilaku sosial (social behaviour empowerement), dan membantu pengembangan masyarakat.

 

Psikologi sosial terapan membantu para ahli psikologi social untuk bergerak dari konsep, teori-teori, hasil-hasil penelitian, dan konstruk-konstruk psikologi sosial dasar ke arah aplikasi dalam masalah-masalah sosial kemasyarakatan (Hanurawan, 2011b). Masalah-masalah sosial kemasyarakatan yang dapat menjadi bidang sasaran psikologi sosial terapan misalnya adalah: stereotip etnik dan prasangka etnik yang ada dalam masyarakat multikultural, intervensi media masa untuk mengurangi penyalahgunaan zat-zat adiktif (drug abuse), evaluasi terhadap program-program sosial dan kebijakan publik, pembaharuan masyarakat, reduksi perilaku agresi kelompok di lingkungan pendidikan (Hanurawan dkk., 2013), dan reduksi prasangka etnis di lingkungan pendidikan (Hanurawan, 2010b),

 

Sumber:

Hanurawan, F. 2015. Ilmu Psikologi Untuk Pemecahan Masalah-Masalah Kemanusiaan. Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Psikologi pada Fakultas Pendidikan Psikologi disampaikan pada Sidang Terbuka Senat Universitas Negeri Malang. 10 Desember.