Psikologi klinis

Psikologi klinis adalah bidang psikologi yang berhubungan dengan aplikasi ilmu psikologi terhadap asesmen dan perlakuan pada individu-individu yang mengalami masalah-masalah gangguan kejiwaan (Oltmann & Emery, 2007). Para ahli dan praktisi psikologi dalam bidang psikologi klinis melakukan penelitian dan praktek terkait sebab-sebab, diagnosis, dan perlakuan masalah-masalah psikologis yang ada dalam diri individu. Masalah-masalah psikologis yang ada dalam diri individu misalnya adalah masalah berpikir, masalah emosional, dan masalah berperilaku yang berhubungan erat dengan kondisi kesehatan mental seseorang. Salah satu isu yang terkait dengan kesehatan mental adalah pengembangan kesehatan mental di lingkungan sekolah (Hanurawan, 2012d).

Perkembangan terbaru dalam psikologi klinis adalah dalam perspektif psikologi positif. Dalam perspektif psikologi positif, penekanan psikologi klinis tidak pada usaha-usaha perlakuan (intervensi) pasca keterjadian masalah-masalah kesehatan mental namun tugas psikologi di masa kini adalah untuk lebih menekankan pada prevensi masalah-masalah kesehatan mental dan promosi keberadaan kesehatan mental positif dalam diri seseorang atau masyarakat (Baumgardner & Crothers, 2010). Melalui penekanan pada prevensi dan promosi kesehatan mental positif ini berarti psikologi perlu mengembangkan kondisi-kondisi lingkungan dan mengembangkan karakter kepribadian positif yang membantu orang terhindar dari masalah-masalah kesehatan mental.

 

 

 

Sumber:

Hanurawan, F. 2015. Ilmu Psikologi Untuk Pemecahan Masalah-Masalah Kemanusiaan. Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Psikologi pada Fakultas Pendidikan Psikologi disampaikan pada Sidang Terbuka Senat Universitas Negeri Malang. 10 Desember.