Psikologi Ergonomi.

Ergonomi atau rekayasa faktor manusia (human factor engineering) sebagai disiplin psikologi yang bersifat multidisipliner mempelajari, menjelaskan, mengontrol, meramalkan, merekayasa, dan memecahkan masalah faktor performansi manusia yang dihubungkan dengan tugas-tugas atau pekerjaan-pekerjaan yang harus diselesaikan, alat-alat pekerjaan, dan lingkungan pekerjaan. Secara umum, ilmu semacam ini memiliki arah untuk membantu kenyamanan manusia dalam beraktifitas di lingkungan kerja dan membantu keselamatan manusia dalam bekerja.

            Apabila dihubungan dengan pemecahan masalah-masalah kemanusiaan, ergonomi memiliki kontribusi memastikan terciptanya harmonisasi atau keselarasan sempurna antara karakteristik kebutuhan dan kemampuan manusia dengan teknologi melalui penyesuaian peralatan atau intrumentasi dan tugas sesuai dengan karakteristik manusia. Dalam wacana psikologi itu berarti ergonomi mengarah pada cara-cara peralatan atau instrumentasi disesuaikan dengan kepentingan-kepentingan manusia. Dalam hal ini, suatu peralatan dirancang untuk sesuai dengan karakteristik manusia sehingga lebih memudahkan hidup manusia. Kemudahan hidup manusia itu pada dasarnya akan meningkatkan kebahagiaan manusia. Faktor kebahagiaan manusia ini pada akhirnya dapat meningkatkan motivasi dan kepuasan kerja yang dapat memberikan jaminan keuntungan-keuntungan dalam sebuah organisasi, seperti efektifitas, efisiensi, dan produktivitas suatu organisasi.

Konsekuensi dari esensi multidisipliner dari ergonomi maka tidak heran dalam praktek, bidang ilmu ini mentolerir keterlibatan banyak profesi dalam mencapai tujuan harmonisasi sistem manusia dan mesin. Sepanjang sejarah ergonomi, bidang profesi yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam ergonomi adalah sebagai berikut:

  • Ahli ergonomi
  • Insinyur rekayasa
  • Insinyur produksi
  • Desainer industri
  • Dokter industri
  • Praktisi kesehatan dan keselamatan kerja
  • Praktisi sumber daya manusia (human resources)
  • Desainer computer

 

 

 

Sumber:

Hanurawan, F. 2015. Ilmu Psikologi Untuk Pemecahan Masalah-Masalah Kemanusiaan. Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Psikologi pada Fakultas Pendidikan Psikologi disampaikan pada Sidang Terbuka Senat Universitas Negeri Malang. 10 Desember.