Psikologi industri dan organisasi.

Psikologi industri dan organisasi (PIO) adalah cabang psikologi yang melakukan kajian tentang fenomena perilaku dan proses mental dalam lingkungan pekerjaan (Riggio, 2010). Para ahli dan praktisi psikologi dalam bidang psikologi industri dan   organisasi bekerja dalam organisasi umum, organisasi bisnis, dan organisasi industri. Bidang-bidang kerja psikologi industri dan   organisasi adalah terkait dengan masalah seleksi karyawan dan penempatan, pengembangan dan pelatihan karyawan, penilaian kinerja karyawan, peningkatan kepuasan kerja karyawan dan peningkatan kualitas kehidupan kerja karyawan, peningkatan kepemimpinan dan kepengikutan, pengembangan organisasi, pemecahan konflik dalam organisasi, dan strategi pemasaran (persuasi melalui periklanan kepada konsumen) (Kuther, 2003; Riggio, 2010).

Perkembangan terkini masalah-masalah psikologi industri dan organisasi adalah: pertama adalah adanya fenomena perubahan karakteristik kerja di abad 21 yang terkait dengan ukuran organisasi yang lebih ramping. Ukuran organisasi yang lebih ramping tersebut merupakan implikasi dari perubahan karakteristik kerja yang berbasis pada sistem telekomunikasi canggih dan jaringan canggih yang memungkinkan orang bekerja pada lokasi-lokasi yang berjauhan. Perubahan tersebut melahirkan konsekuensi bagi tugas-tugas para ahli dan praktisi psikologi industri dan organisasi untuk membantu karyawan beradaptasi terhadap perubahan organisasi yang dipengaruhi oleh teknologi. Para pakar PIO memiliki tugas untuk merancang kembali jabatan-jabatan dalam organisasi untuk meningkatkan efisiensi dan membantu karyawan menghadapi stres yang timbul akibat perubahan-perubahan teknologi komunikasi dan organisasi. Upaya-upaya yang dilakukan para pakar dan praktisi PIO tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan tingkat kompetisi organisasi bisnis. Perkembangan lain terkini yang lain adalah fokus organisasi pada sumberdaya manusia; peningkatan pada keanekaragaman angkatan kerja; dan peningkatan globalisasi pada bisnis (Riggio, 2010).

 

 

Sumber:

Hanurawan, F. 2015. Ilmu Psikologi Untuk Pemecahan Masalah-Masalah Kemanusiaan. Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Psikologi pada Fakultas Pendidikan Psikologi disampaikan pada Sidang Terbuka Senat Universitas Negeri Malang. 10 Desember.