Himpunan Alumni

Himpunan Alumni tertuang  dalam Anggaran dasar (AD) dan Anggaran Rumah tangga (ART) Ikatan Alumni Universitas Negeri Malang (IKA UM) berdiri sejak 22 Januari 1983 memiliki susunan pengurus dan perwakilan tiap Fakultas  dan program studi, serta memiliki perwakilan tiap daerah dan kota di wilayah Indonesia. Setiap setahun sekali himpunan alumni mengadakan temu alumni yang difasilitasi oleh universitas sampai program  studi untuk mengadakan kegiatan temu alumni dan seminar yang ada kaitannya dengan Program Studi, menselaraskan kurikulum Program Studi dengan kebutuhan lapangan serta kerjasama saling menguntungkan untuk meningkatkan ketrampilan alumni dan untuk kemajuan Program Studi. IKA Psikologi  UM memiliki koordinator untuk tiap angkatan yang fungsinya sebagai humas untuk menyebarluaskan informasi-informasi kepada rekan-rekan alumni. IKA Psikologi  UM juga memiliki blog dan grup di sosial media  yang dimana fungsinya sebagai sumber informasi mengenai lowongan kerja dan juga kegiatan-kegiatan, baik itu kegiatan di dalam kampus maupun kegiatan alumni sendiri.

 

Partisipasi Alumni untuk Aktifitas Akademik

Para alumni tetap dapat berpartisipasi dan dilibatkan dalam aktifitas akademik, yaitu dengan memberikan masukan maupun saran tentang kurikulum, matakuliah serta keahlian yang sesuai dan berkesinambungan dalam dunia kerja. Masukan dan saran diberikan melalui tracer study serta diskusi pada acara tahunan temu alumni.  Alumni memberikan sumbangan dana, fasilitas akademik, keterlibatan akademik, pengembangan jejaring kerjasama dengan para alumni juga dapat berupa tempat untuk praktIk pengalaman lapangan (PPL) dimana alumni bekerja sehingga mahasiswa mendapat pengalaman kerja , memberikan fasilitas untuk kegiatan akademik dan ikut mengisi workshop mahasiswa psikologi Universitas Negeri Malang.

 

Partisipasi Alumni untuk Aktivitas Non Akademik

Para alumni tetap dapat berpartisipasi dan dilibatkan dalam aktifitas non akademik, yaitu dengan memberikan sumbangan buku ke perpustakaan program studi,  dana, fasilitas non akademik, pengembangan jejaring, terlibat partisipasi sebagai penceramah, ikut menjadi peserta di kegiatan program studi, dapat praktek pengalaman lapangan di lembaga, berpartisipasi  dalam acara bakti sosial bakti desa, yaitu sebagai donatur dan sebagai salah satu sumber informasi lowongan pekerjaan yang di unggah di laman fakultas pendidikan psikologi web site um.ac.id serta keterlibatan dalam acara job recruitement .