Pengenalan Theraplay Sebagai Bentuk Psikoterapi untuk Anak dan Dewasa

Theraplay merupakan salah satu bentuk terapi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan anak. Hal ini berangkat dari asumsi bahwa permasalahan anak berangkat dari keluarganya.Sifat-sifat theraplay memiliki beberapa perbedaan dengan play therapy pada umumnya yg bersifat non directive, antara lain:

  1. Semi directive = terapis menentukan
  2. Meyakini masalah attachment sebagai sumber masalah
  3. Adanya keikutsertaan dari orang yg berpengaruh bagi anak.

Melalui roleplay yg sempat dilakukan dalam workshop, terlihat bahwa perbedaan ekspresi ketika kita memberikan atensi penuh pada orang lain, kita akan merasa nyaman untuk bercerita. Bayangkan apabila ini terjadi dalam keluarga yg harus berinteraksi terus menerus.

Pola asuh juga menentukan bagaimana attachment terbentuk antara orang tua dengan anak. Pada usia 3 tahun anak sudah mulai menunjukkan keinginan untuk berkompetensi, namun pola asuh orang tua yang selalu menyuapi anak, mengantar anak, ini mengantarkan pesan bahwa anak tidak memiliki kompetensi dan akan membentuk attachment dengan orang tua yg buruk.

Pola attachment cenderung menetap dan diturunkan dari generasi sebelumnya. Ketika dibesarkan dalam lingkungan KDRT dan menikah dengan pasangan yg rentan juga melakukan KDRT, relasi dengan anak menganggap KDRT sebagai sesuatu yang “wajar” padahal tidak memiliki kesempatan untuk merasakan pola relasi yang benar.Gejala permasalahan attachment baru terlihat disaat anak memasuki kondisi lingkungan baru, contoh sekolah, lingkungan sosial, dan tempat kerja.

Hal ini dikarenakan ketika mereka berasal dari keluarga merasa sebagai troublemaker, maka dilingkungan baru dia membawa anggapan itu. Dari situ kita kadang kita mendapati anak baru tapi sudah berperilaku nakal, pendiam, dan bermasalah.

Orang tua sebagai koregulator dalam membentuk attachment dan perilaku anak. Maksud koregulator disini ialah mengenalkan emosi dan membantu membentuk emosi anak dan mengarahkan emosi kedalam bentuk yang lebih baik.Theraplay merupakan bagian dari terapi dan mengutamakan pada komunikasi non verbal yg berasal dari keluarga dengan pengasuhan yg baik.

Theraplay juga mengutamakan pada permainan saat itu dan tidak berfokus pada masa lalu, roleplay, dan interaksi simbol2. Selain itu, tingkat intervensinya tergantung pada tingkat emosional anak. Therapis theraplay menentukan perencanaan dan melibatkan orang tua untuk berperan aktif menuntun anak untuk menjadi lebih positif. (AYM)