Kembali, Mahasiswa FPPsi UM Raih Prestasi dalam Ajang PIPI 5

Pada tanggal 1-3 November 2019 lalu, Himpunan Psikologi Indonesia Wilayah Jakarta Raya (HIMPSI Jaya) kembali menyelenggarakan Pekan Inovasi Psikologi Indonesia (PIPI) Ke-5. Sebagai tuan rumah bersama adalah Universitas Indonesia, Universitas Gunadarma, Universitas Pancasila, Universitas Bina Nusantara, Universitas Tarumanegara, dan Universitas Mercu Buana. PIPI merupakan ajang dua tahunan yang mempertandingkan 12 cabang lomba bagi para mahasiswa psikologi se-Indonesia. Keduabelas cabang lomba tersebut adalah PsyScience (cerdas cermat psikologi), PsyFutsal (futsal), PsyPaper (karya penelitian ilmiah), PsyFilm (film), PsyPhoto (fotografi), PsyPoster (poster penelitian ilmiah), PsyNovation (produk inovasi berbasis keilmuan psikologi), PsyPreneur (rancangan bisnis), PsyDebate (debat psikologi), PsyGram (foto/video positif), PsyVoice (paduan suara), dan PsyClimb (panjat tebing).

Dalam ajang PIPI 5 ini, Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang (FPPsi UM) mengirimkan wakilnya untuk mengikuti 5 cabang lomba: PsyScience, PsyPaper, PsyNovation, PsyPreneur, dan PsyVoice. Tim PsyScience beranggotakan Agung Minto Wahyu, Abdul Munadjat Ahmad, Fia Nurfitriana, dan Riska Indah Sari. PsyPaper diwakili oleh Ferdhia Syifa Salsabila. Tim PsyNovation terdiri dari Nadzifah Fiddiana, Abdul Munadjat Ahmad, dan Fia Nurfitriana. Tim PsyPreneur beranggotakan Astria Dhima Noormaya, Civita Claudia Yowansa, dan Nuke Reza Hayunita.  Sedangkan lomba PsyVoice diwakili oleh grup vokal yang beranggotakan 8 mahasiswa, yaitu Duppy Nada Iswara, Edwin Rosario, Vincentius Kristalis, Yohanes Paulus Eka, Lidya Selviana, Maria Evonita P.R., Wijenti Mala Dewi, Afi Rizqi Zakaria, dan Ferdhia Syifa Salsabila, dan 1 mahasiswa sebagai official yaitu Elwin Dewi Nurhazizah. Dan perjuangan mereka pun tidak sia-sia. Mereka menorehkan prestasi yang membanggakan dengan menyabet Juara 2 untuk lomba PsyPreneur, Juara 3 untuk lomba PsyNovation, dan Juara 4 untuk lomba PsyVoice.

Prestasi yang ditorehkan oleh para mahasiswa FPPsi UM dalam ajang PIPI 5 ini menambah koleksi prestasi yang telah ditorehkan oleh para mahasiswa FPPsi UM dalam berbagai ajang perlombaan. Di antaranya adalah Juara 1 Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2019 cabang gulat gaya bebas putri kelas 52 kg (Iin Wijayanti), Juara 3 Taekwondo International Championship 2019 kategori fight 69 kg (Hendi Setyawan), dan Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional Islamic Banking and Finance 2019 di UIN Syarif Hidayatullah (Agung Minto Wahyu, Afifah Chusna Az Zahra, dan Angger Pangestu).

Elwin, sebagai official dari tim PsyVoice, memberikan komentarnya. “Semua anggota tim PIPI dari FPPsi UM sudah tampil dengan baik. Seperti tim PsyVoice, mereka tampil menarik dan berbeda dengan mengusung tema pakaian dan budaya tradisional. Perjuangan mereka -dan tim dari cabang lomba lainnya- sudah maksimal dan patut diapresiasi. Semoga prestasi mahasiswa FPPsi UM semakin bertambah dan mendunia!”