PSYCHOVISIT DI DESA PANDANAJENG

Psychovisit merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun yang dilaksanakan BEM Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang yang melibatkan mahasiswa baru dalam berinteraksi dengan masyarakat. Pelaksanaan psychovisit tahun ini dilaksanakan di desa Pandanajeng Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Tema kegiatan dalam tahun ini ialah “let’s build our great generation” dengan harapan bahwa mahasiswa baru FPPsi UM memiliki semangat dalam mempersiapkan diri menjadi generasi besar nan tangguh selama perkuliahan ditahun-tahun mendatang.

Kegiatan ini melibatkan 187 mahasiswa baru FPPsi UM tahun 2019. Dalam kegiatan psychovisit tahun ini terdapat beberapa kegiatan dengan pembukaan oleh bapak sekretaris jurusan Fattah Hidayat, S.Psi., M.Psi. secara simbolis melepas mahasiswa menuju ke desa Pandanajeng. Selanjutnya kegiatan yang dilakukan mahasiswa ialah creative education ke SDN 1 Pandanajeng dan MTSN 7 Malang dengan melibatkan siswa di kedua sekolah tersebut untuk membuat pelajaran menjadi kreatif. Setelah kegiatan tersebut, mahasiswa melakukan paper mob dengan membentuk formasi trisula dan tulisan “visit 2019”. Setelah kegiatan tersebut, mahasiswa berangkat ke rumah warga yang menjadi tempat menginap mereka selama di desa Pandanajeng.

Kegiatan dilanjutkan pada malam harinya dengan mengadakan kegiatan ”night to remember” yaitu kegiatan pentas seni yang juga mengundang warga untuk turut serta dalam pagelaran seni yang diselenggarakan oleh mahasiswa. Setelah kegiatan tersebut dilanjutkan dengan kegiatan pembentukan karakter sosial dan akademis.

Pada keesokan harinya, mahasiswa ikut merasakan aktivitas warga desa seperti berkebun ataupun beternak. Selanjutnya kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa ialah karnaval kesehatan mental yang terkait dengan hari peringatan kesehatan mental sedunia. Kegiatan terakhir yang dialami oleh mahasiswa baru dalam rangkaian kegiatan psychovisit ialah pertunjukan busana yang menggunakan barang bekas untuk memberikan nilai tambah dalam barang tersebut dan pembagian hadiah kepada warga yang mengikuti karnaval sebelumnya. Peserta kembali ke kota Malang sore hari pada tanggal 20 Oktober 2019. Semoga melalui kegiatan ini mahasiswa baru mampu dan siap menghadapi perkuliahan dengan baik kedepannya. (AY)

By : Angga Yuni Mantara, S.Psi, M.Si.