DEFINISI

  • Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.
  • Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnyayang mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi Program Studi.
  • Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.
  • Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills danketerampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

KOMPETENSI

KOMPETENSI UTAMA

Lulusan Program Studi Psikologi memiliki kompetensi utama lulusan sebagai: (1) tenaga ahli dalam pengembangan keilmuan dan  terapan Psikologi di bidang pendidikan; (2) tenaga ahli dalam pengembangan keilmuan dan  terapan Psikologi  di bidang sosial; (3) tenaga ahli dalam pengembangan keilmuan dan  terapan Psikologi di bidang klinis; (4) tenaga ahli dalam pengembangan keilmuan dan  terapan Psikologi di bidang industri dan organisasi; (5) tenaga ahli dalam pengembangan keilmuan dan  terapan Psikologi  di bidang perkembangan.

KOMPETENSI PENDUKUNG

Kompetensi pendukung lulusan prgram studi Psikologi adalah sebagai tenaga ahli dalam praktik menjadi trainer, advokasi dan pekerja sosial yang berfungsi sebagai pendidik dan pembelajar bagi masyarakat , skorer dan tenaga administrasi yang membantu profesi psikolog.

KOMPETENSI LAINNYA/PILIHAN LULUSAN

Kompetensi lainnya yang dapat digunakan sebagai pilihan lulusan adalah menjadi wirausahawan mandiri di bidang jasa Psikologi.

 

MATA KULIAH BERBASIS PRAKTIK

(1) Asesmen Kecerdasan

(2) Asesmen Bakat

(3) Inventori

(4) Statistik II

(5) PPL

(6) Psikoterapi Anak dan Remaja

(7) Psikodiagnostik III : Wawancara

(8) Psikologi Eksperimen

(9) Metodologi Penelitian Kuantitatif

(10) Metodologi Penelitian Kualitatif

 

PEMINATAN

Fakultas Pendidikan Psikologi Mengediakan 5 pilihan peminatan bagi mahasiswa S1. 5 Bidang peminatan tersebut memiliki bobot 10 sks dari total sks 144. Adapun Peminatan tersebut adalah :

(1) Psikologi Pendidikan

(2) Psikologi Industri Organisasi

(3) Psikologi Sosial

(4) Psikologi Perkembangan

(5) Psikologi Klinis.